Facebook Badge

Rabu, 11 April 2012

Sekitar 600.000 Macintosh Komputer Terinfeksi Oleh Botnet


Lebih dari setengah juta Mac terinfeksi dengan Trojan Flashback, paket malware yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi, menurut perusahaan antivirus Rusia.

Perusahaan – Dr Web – awalnya melaporkan hari ini bahwa 550.000 Macintosh komputer terinfeksi oleh botnet Mac berkembang. Tapi di kemudian hari, Dr Web malware analis Sorokin Ivan mengumumkan di Twitter bahwa jumlah Mac terinfeksi Flashback meningkat menjadi 600.000, dengan 274 dari mereka yang berbasis di Cupertino, California.
Pesan yang dari twitter

Malware ini awalnya ditemukan pada bulan September 2011 menyamar sebagai Adobe Flash player palsu plug-in installer, tetapi dalam beberapa bulan terakhir telah berkembang untuk mengeksploitasi kerentanan Jawa untuk menargetkan sistem Mac. Sebuah varian baru yang muncul akhir pekan lalu tampaknya akan mengambil keuntungan dari kerentanan Jawa yang Apple merilis patch kemarin.
Sebagai blogger CNET Topher Kessler menjelaskan, hanya mengunjungi situs Web berbahaya yang mengandung Flashback pada sistem OS X dengan Java instal akan menghasilkan satu dari dua rute instalasi. Malware akan meminta kata sandi administrator, dan jika seseorang diberikan, akan menginstal paket tersebut dari kode ke folder Applications. Jika password tidak ditawarkan, malware akan menginstal ke account pengguna di tempat yang dapat berjalan secara lebih global.
Setelah terinstal, Flashback akan menyuntikkan kode ke dalam web browser dan aplikasi lain seperti Skype untuk memanen password dan informasi lain dari pengguna tersebut program.
Perusahaan keamanan F-Secure telah menerbitkan petunjuk tentang cara untuk menentukan apakah Mac terinfeksi botnet.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini, Semoga bermanfaat!